Wednesday, August 20, 2008

USB 3.0

The USB Implementers Forum (dipimpin oleh INTEL) minggu lalu meluncurkan spek USB 3.0 kepada para mitra produsen hardware setelah beberapa laporan adanya perselisihan dengan AMD dan NVIDIA (yg khawatir kalo INTEL akan merancang teknologi chipset yg berbeda dan mengembangkan standar USB mereka sendiri) Tapi adakah pengaruhnya buat kita para user ? Kita menggali berbagai macam informasi baru soal USB 3.0 dan disini kamu bisa lihat gambar terakhir konektor dan kabelnya.


USB 3.0 Akan Tetap Kompatibel Dengan USB 2.0
Seperti dulu waktu kita upgrade dari USB 1.1 ke USB 2.0, konektor USB 3.0 akan kompatibel secara fisik dan fungsional dengan spek USB yg lama. Tentu saja kamu gak akan bisa mendapatkan tambahan kecepatan sampai komputer kamu udah terpasang port USB 3.0 tapi paling gak kalian gak usah kuatir komputer akan meleduk atau hang jika kamu nancepin kabel USB 3.0 ke port USB 2.0. Rahasia kompatibilitasnya ternyata terletak pada rancangan konektornya. USB 2.0 menggunakan 4 jalur kabel sedangkan USB 3.0 menambah 5 jalur kabel baru yg terletak pada sisi yg berbeda. Jadi dengan melihat ujung konektornya kalian bisa dengan mudah membedakannya.


Sekilas tidak ada bedanya dengan konektor USB 2.0

Kecepatan Maksimum USB 3.0 Adalah 4.8Gbps
Intel mengklaim bahwa transfer file HD-movie 27Gb melalui USB 3.0 hanya membutuhkan waktu 70 detik sedangkan USB 2.0 perlu waktu 15 menit atau lebih. Tapi ingat kalian baru bisa mendapatkan kecepatan penuh jika media penyimpanan kalian juga mampu ngebut dengan kecepatan yg setara. SSD (solid state disk) kelihatannya paling berpeluang menjadi pendamping dari USB 3.0 sedangkan harddisk biasa masih terhambat dengan RPM dan kecepatan read/write-nya.


Konektor type A dan B dari USB 3.0

Upload Dan Download Berada Pada Jalur Yg Terpisah
Masih ingat kan kalau USB 3.0 memiliki 5 line baru ? Dua jalur khusus diperuntukkan untuk mengirim data sedangkan 3 jalur yg lain bertugas untuk menerima data. Tidak hanya akan meningkatkan kecepatan transfer data tapi rancangan ini membuat USB 3.0 dapat mengirim dan menerima data pada saat bersamaan.


Potongan kabel USB 3.0 terlihat ukurannya lebih tebal seperti kabel ethernet

USB 3.0 Bisa Mengisi Baterai Media Portable Lebih Cepat.
Tidak hanya mampu mengirim data lebih cepat tapi USB 3.0 juga membawa power yg lebih besar. Dengan semakin bertambahnya media portabel (HP, MP3 Player, Kamera Digital) yg dicharge melalui USB teknologi 3.0 ini mampu menyalurkan arus dari 100miliamps menjadi 900miliamps. Itu berarti kalian bisa mengisi baterai 4 perangkat portabel sekaligus hanya melalui 1 Hub.



USB 3.0 menggunakan power dengan lebih efisien.
Perangkat yg tersambung dengan port USB 3.0 pada keadaan idle (tidak digunakan ) tidak akan mendapatkan power dari USB. Power baru dialirkan setelah perangkat mengirimkan sinyal sebelum dimulainya transfer data.


Konektor mini USB 3.0 yg akan digunakan pada handphone atau perangkat portabel yg lain.

Spesifikasi yg diungkapkan INTEL minggu lalu baru 90% saja. Pengamat meramalkan bahwa spek komplitnya diharapkan selesai pada akhir tahun ini. Para produsen hardware mungkin akan mendapatkan spek USB Controller pada pertengahan tahun 2009, dan konsumen baru akan mendapatkan manfaat perangkat baru ini paling cepat pada awal 2010.


source: http://kaskus.us/showthread.php?t=1026728 , http://www.usb.org/home


4 Comments:

Anonymous said...

Hi,

I'm Alisha from Wowzio, and I'm excited to tell you about our new widget platform that helps bloggers increase readership by providing engaging widgets containing your blog's rich content. You can check out widgets customized for your blog here:

Wowzio Widgets for your Blog

I wanted to reach out to you to ask for your feedback on these widgets (feel free to install them on your blog, if you feel they are a good fit). I'm sorry for leaving this message via a comment, it's not at all our intent to spam you ( which is why i'm leaving this comment on an older post and you can always remove this comment ). Again, we would love to hear your feedback.

Thanks,
Alisha Wright
alisha.wright2@gmail.com

e-learning said...

thank you

Unknown said...

Sensappeal

Anonymous said...

saya kira blog ini membahas seputar cisco, ternyata ada banyak bahasan. tp tidak apa2, infonya malah komplit. thx ya... mampir jg di http://learningmycisco.blogspot.com thx