Thursday, August 14, 2008

Kode Bank Terkait Withdraw dari PayPal?


Kemarin malam, saya baru mengetahui ketika membaca entry blog Cosa Aranda, jika kita sudah dapat menarik dana yang kita miliki di PayPal melalui rekening di bank-bank Indonesia dengan mata uang Rupiah. Biayanya pun terhitung tidak mahal, hanya 16 ribu rupiah untuk penarikan dana dibawah Rp 1.500.000, dan bahkan untuk penarikan dana sebesar Rp 1.500.000 ke atas maka tidak dikenakan biaya. Waktu proses yang diperlukan diperkirakan antara 5-7 hari.


Seperti yang dituliskan Cosa, yang menjadi sempat menjadi pertanyaannya adalah isian Kode Bank (Bank Code) yang harus diisikan. Isian ini berupa 7 digit , jadi bukan kode SWIFT, kode yang biasa diperlukan jika melakukan transfer antar bank secara internasional. Lalu apakah Kode Bank yang dimaksud dalam PayPal?

Dari update tulisan Cosa disebutkan pula jika kode bank 7 digit ini merupakan kombinasi dari 3 digit kode bank keluaran BI ditambah dengan 4 digit kode cabang bank yang bersangkutan. Untuk kasus Bank BCA sepertinya memang pas. Kode bank 3 digit dapat ditemui dalam dokumen maupun manual terkait transfer dana antar bank di Indonesia, misalnya yang digunakan dalam jaringan ATM Bersama, misalnya dalam dokumen yang ditemukan di sini (PDF) atau di sini. Sedangkan untuk kode cabang BCA dapat diakseses melalui halaman websitenya. Lalu bagaimana dengan bank-bank lainnya. Cosa menyarankan untuk menanyakan langsung pada bank yang bersangkutan.

Kemarin pagi, saya mencoba menghubungi Bank Indonesia melalui kotak pesan dalam websitenya menanyakan masalah kode bank yang mungkin diberlakukan untuk bank-bank di Indonesia, apakah itu standar, dan kemungkinkan memperoleh data yang ada. Tetapi, sampai dengan saat ini, belum ada jawaban.

Kemarin, saya juga mencoba menghubungi layanan Call Mandiri menanyakan kode bank yang dimaksudkan, tetapi dari sini tidak ada hasil yang dapat memberi kejelasan mengenai kode bank sebanyak 7 digit ini. Jika dikaitkan pula dengan kode bank dan kode cabangnya, kode cabang Bank Mandiri teridiri dari 5 digit jadi jika digabungkan dengan kode banknya maka menjadi 8 digit. Staff tersebut juga bersikeras untuk urusan transfer antar bank internasional maka yang diperlukan adalah kode SWIFT dan untuk transfer antar bank di Indonesia cukup nama bank dan rekeningnya. Itu saya lakukan pagi hari, dan ketika menghubungi kembali sore harinya dan berbicara dengan staff Call Mandiri yang berbeda, hasilnya sama saja, tidak ada kejelasan mengenai 7 digit ini.

Dalam komentar Alreinsius STS di blog Cosa tersebut menceritakan mengenai pengalamannya menanyakan ke staff customer service Bank Mandiri di Jalan Buahbatu Bandung, dan menurut staff tersebut 7 digit yang dimaksudkan oleh PayPal adalah angka untuk kliring. Bisa jadi ini sama dengan Kode Kliring atau Sandi Kliring seperti yang pernah saya baca dalam beberapa dokumen yang pernah saya temui yang memang terdiri dari 7 digit, dan 3 digit dimuka memang kode bank sebagaimana saya sebutkan di atas. Pencarian melalui Google tidak membuahkan hasil mengenai kode kliring atau sandi kliring bank-bank yang ada kecuali Bank BCA jika memang kode ini terkait dengan kode cabang yang diberlakukan oleh BCA.

Dan sepertinya memang harus menanyakan langsung pada bank di mana rekening itu dibuka, dan mencoba jika staff yang ditemui bingung dengan kode bank yang 7 digit, beritahukan saja keyword Kode Kliring atau Sandi Kliring tersebut. Atau mungkin ada teman-teman yang mengerti masalah kode bank yang dimaksudkan?

Hal lain, jika PayPal memerlukan kode bank yang mungkin merupakan kode kliring atau sandi kliring ini, dan bukan kode SWIFT, kemungkinan besar karena PayPal sudah berada di Indonesia?


source : http://maseko.com/


2 Comments:

Zizy Damanik said...

Saya juga sdh ada beberapa x telp ke Mandiri utk nanya kode sandi bank, dan memang semuanya bilang klo Mandiri blm bisa dpake utk transaksi pengiriman uang. Tp pernah jg saya dapat dr satu cs kode sandinya, tp trs saya coba masukkan tnyt gagal.

e-learning said...

coba liat sendiri daftarnya di http://maseko.com/direktori-bank/