Sunday, May 18, 2008

KDE: Get Hot New Stuff


Get Hot New Stuff (GHNS) sebagai fasilitas teknologi KDE ditawarkan untuk memberikan peluang kepada pengguna dan terutama pengembang desktop KDE yang ingin menyediakan atau berbagi hasil kreatifitasnya.

KDE.News memperkenalkan framwork baru berbarengan dengan dirilisnya KDE 3.4 dan menerbitkan wawancara dengan kreator GHNS: Josef Spillner asal Dresden, autor dari Perpustakaan KNewStuff.

KNewStuff adalah pustaka berisi implementasi KDE berdasarkan konsep tersebut, dimana kontributor dapat meng-upload karyanya dan pengguna dapat men-download dan menginstalasi menggunakan perkakas yang disediakan.


Josef Spillner sebagai implementator dari KNewStuff adalah mahasiswa yang sedang menekuni Informatika di Perguruan Tinggi Dresden. 'Hot New Stuff' sementara ini terdiri dari Stuff untuk KOrganizer dan sejumlah pustaka KDEShare di kdenonbeta.

Pustaka tersebut kini di integrasikan dengan kdelibs dan otomatis tersedia untuk KDE 3.4. Aplikasi diluar KDE, saat ini masih belum ada yang jadi di 'Get Hot New Stuff', kendati sejumlah koding sudah ditemukan.

Setiap aplikasi yang memanfaatkan KNewStuff, dapat menentukan tipe data yang diinginkan, bila perlu di-download dan/atau di-upload, digitally signed, uncompressed on the fly. Data yang di-upload kemudian disebar ke sejumlah server untuk pengguna lainnya.

Saat download sebuah proses berlangsung yang melakukan verifikasi file yang tersedia dan membandingkan dengan versi yang terpasang di komputer lokal. Perbedaan yang ditemukan di indikasikan kepada user dengan warna misalnya hijau untuk file yang sama dan telah terinstalsi sedangkan warna kuning telah terinstalsi tapi bila ingin bisa di-update.

GHNS untuk dipakai dimana?
Spillner memberi contoh misalnya didalam KDE CVS, termasuk Quanta+, KOrganizer, sejumlah aplikasi Edutainment dan konfigurasi desktop untuk user. Untuk siluar KDE CVS, segudang proyek games dari GGZ Gaming Zone memanfaatkan KNewStuff untuk memlihara agar levels dan themes senantiasa up-to-date. Sementara dengan pemindahan library ke kdelibs diharapkan lebih banyak proyek-proyenk yang mencontoh jejak ini.

Source : http://gudanglinux.net/

0 Comments: