Monday, October 08, 2007

More easy to alocated system with fstab


Fstab adalah singkatan dari file system table, disini admin bisa mendeskripsikan daftar-daftar mounting. Letak filenya ada di /etc
Yang paling sering ditemui adalah mounting untuk file windows yang ada di drive c , d dan seterusnya. Yang harus dipahami di fstab adalah fstab mempunyai 6 segmen, dan setiap segmen dipisahkan oleh tanda spasi

segmen 1 adalah informasi tentang hardware fisik kita, misalnya /dev/hda1 , ./dev/hda2
segmen 2 tempat kita akan meletakkan di direktori mana (dilinux) /mnt/win_c , /mnt/win_d direktori ini adalah direktori default yang telah dibuat oleh linux, jika anda ingin membuatnya sendiri, gunakan mkdir dengan hak akses root
segmen 3 untuk tipe sistem, misalnya ext2 untuk linux vfat untuk windows 9x, ntfs untuk windows 2k dan xp
segmen 4 adalah option untuk field 3, dipisahkan oleh tanda koma (,) noauto untuk jangan mounting ketika booting lawannya adalah auto yang mounting ketika booting. user jika user boleh mounting, supermount hanya untuk root saja, untuk amannya gunakan saja defaults
segmen 5 tanda 0 jika anda tidak membackup mounting, 1 untuk membackup mounting. Defaultnya adalah 0
segmen 6 tanda 1 jika untuk sistem file root (/), 2 untuk sistem lain, dan defaultnya adalah 0
Sebagai contoh jika mau automatis mouting drive c dengat OS windows 98 ketika booting linux adalah :
Buat dulu direktori dengan user root, misal win_c , letakkan saja direktori ini di /mnt. Caranya adalah :
cd /mnt
mkdir win_c
kemudian ubah file /etc/fstab gunakan editor sesuai selera misal
kedit /etc/fstab tambahkan perintah ini di urutan terbawah
/dev/hda1 /mnt/win_c vfat auto,user 0 0
simpan dan lihat kembali direktori /mnt/win_c , bila tidak ada hasil, coba reboot dahulu.

Contributed by: zenkid

1 Comments:

pontus / Anton Pasaribu blog said...

Knalin saya Pontus...
oh ya saya sangat bertrimakasi ya buat smua catatannya, karna sudah sangat membantu saya dalam memperdalam ilmu saya dalam ilmu telkomunikasi.
saya bekerja sebagai Drive Test, tapi saya pingin karir saya naik sebagai Optim, masalahnya background pendidikan saya seorang IT, jadi saya sangat kesulitan dalam belajar optim, Saya minta tolong donk bagi smua teman2 apa sih yang pertama saya pelajarin agar saya dapat ber karir dibagian optime, bagi teman2 yang punya modul optim bagi pemula share donk.
oh ya kalau bisa saya minta dibahas donk tentang optim untuk junior.

trimakasih