Monday, November 05, 2007

Top Programming Language

Mau tau bahasa pemrograman terpopular di dunia?

Sebuah lembaga survey di internet TIOBE, setiap tahunnya melakukan index ranking bahasa pemrograman yang paling populer di jagad. Dasar penyusunan index ini lumayan beragam, selain dari beberapa search engine seperti google, yahoo, ask dll, index juga disusun berdasarkan catatan ilmiah, ebook dan suara dari kalangan industri.

Ternyata sejak tahun 2002,ada sebuah bahasa pemrograman yang terus jadi jawara di dunia teknologi informasi, pemrograman khususnya.

Sang jawara adalah Java.


Hingga July ini, Java sukses memimpin index bahasa pemrograman di seluruh dunia, sempat disalip C pada tahun 2004-an, Java terus mempertahankan posisinya. Dengan rilis java sebagai Open Source maka dipastikan kesuksesannya bakal bertahan lama.

Bulan juli ini juga ditandai sebagai bulan bahasa pemrograman game. "Lua" bahasa pemrograman yang dipakai untuk menggarap seri game World of Warcraft masuk ke jajaran top 20. Beberapa bulan lalu Ruby dianggap sebagai bahasa pemrograman yang paling meroket, kini Lua dianggap menggeser popularitasnya.


Sementara itu bahasa pemrograman untuk menggarap game di mesin XBOX yaitu F# juga memasuki urutan 50 besar, ini lumayan kejutan karena banyak yang menduga Scala dan Groovy yang bakal masuk top 50 namun ternyata justru F# yang sebenarnya adalah masih dalam tahap proyek percobaan dari Microsoft.

Nah, bagi yang suka mempelajari bahasa baru, silakan mencoba

Sebagai catatan, index ini hanya diisi dengan bahasa pemrograman yang komplit, sehingga bahsa seperti HTML dan XML tidak dilibatkan.

Urutan 20 besar bahasa pemrograman terpopuler adalah:

  1. Java
  2. C
  3. C++
  4. Visual Basic
  5. PHP
  6. Perl
  7. C#
  8. Python
  9. Javascript
  10. Ruby
  11. SQL
  12. SAS
  13. Delphi
  14. D
  15. Lisps/Scheme
  16. ADA
  17. Cobol
  18. Lua
  19. ABAP
  20. Foxpro
Daftar lengkapnya bisa dilihat disini

1 Comments:

mas Aan said...

hai......
blognya bagus juga.
ngomong-ngmong, tukeran linknya dong..saya dah pasang linknya di blog sayalife insurance.
ini alamat blog saya:http://1st-lifeinsurance.blogspot.com,mohon di kasih title"life insurance.

saya tunggu followup dan link baliknya. terimakasih.