Wednesday, October 31, 2007

How to educate 'the haves' generation?

Pernah mendengar pernyataan ini?


Liburan ini kita ketemuan di acara la tomatina* aja ya!'

atau

'ke Singapur yuk, beli cemilan!'

atau

'jazz gue lagi di bengkel jadi gue musti naik beemer** nyokap gue'

atau

'tau ngga lo, si G patah hati trus ngga nyelesain skripsinya malah jalan-jalan ke Europe."

atau

'bu, saya ijin minggu depan ngga masuk karena di Lasik'***'

Well then, format pendidikan dengan bentuk teror jelas tidak diterima oleh generasi ini karena mereka tidak memiliki rasa takut, bahkan untuk sebagian tidak memiliki rasa hormat.

Harus saya cantumkan bahwa anak2 yang membuat pernyataan ini adalah anak-anak yang memiliki IPK dibawah rata-rata. Pendidikan dimaksudkan untuk merubah pola pikir sesorang, terlebih biasanya untuk menaikan taraf kehidupan sesorang. Tapi pada kasus ini justru pola ini yang sulit untuk diterapkan. Mereka tidak berniat untuk menaikan taraf hidup, tidak memiliki keinginan
untuk bekerja atau mencari nafkah, tidak berniat untuk belajar. Itu yang paling sulit.

Ada yang bisa membantu?

Glossary:
*La tomatina adalah acara panen tahunan di Spanyol dilanjutkan dengan tradisi parade dan lempar tomat.
**beemer equals BMW
***Lasik adalah operasi laser pada retina mata yang menghabiskan biaya jutaan rupiah

0 Comments: