Monday, August 13, 2007

5 Menit = Mata Prima!

Coba, deh, lakukan senam mata untuk menjaga kondisi indera pengelihatan kita. Selain membuat mata lebih rileks, senam mata selama lima menit ini juga akan menguatkan saraf dan otot mata. Sebelum mulai jangan lupa melepas kaca mata atau lensa kontak yang kita pakai supaya mata lebih santai. Idealnya, sih, kita melakukan senam mata sehari tiga kali dan bukan hanya saat mata lelah. Yang harus dilakukan:

Rotasi bola mata
Bayangkan di hadapan kita ada sebuah jam besar. Lihat angka 12 sejauh yang kita bisa (hingga mata melotot) dan tahan selama dua detik sebelum kembali ke posisi semula. Rasakan otot mata seperti ikut tertarik saat mata kita melotot. Lanjutkan ke angka satu dan seterusnya. Jangan lupa selalu kembali ke pusat jam sebelum melanjutkan ke angka berikutnya. Setelah selesai satu putaran lakukan gerakan sebaliknya (kebalikan arah jarum jam). Latihan ini akan menambah kelenturan otot okular serta membuatnya lebih kuat juga fleksibel.

Memutar mata
Latihan ini mirip dengan rotasi bola mata. Kita memulainya dari posisi angka 12 kemudian gerakan mata ke angka satu dan seterusnya hingga satu putaran penuh secara perlahan. Berusahalah untuk melihat angka sejauh yang kita mampu. Pelan-pelan saja.

Fokus jauh-dekat
Pegang sebatang pensil atau pulpen di depan mata kita (kira-kira 30 cm jaraknya). Kemudian pilih sebuah obyek tidak bergerak sebagai tanda fokus terdekat mata kita. Lihat kedua obyek tadi secara bergantian setiap dua detik. Lakukan berulang-ulang hingga mata kita terasa benar-benar bekerja.

(CC)

0 Comments: