Thursday, March 27, 2008

Fake Sony USB flash disk

Seorang teman membawa oleh-oleh kecil dari China, 32Gb Sonny Flash Disk. Satu-satunya masalah yang dihadapinya flash disk itu palsu dan tidak sesuai kapasitas yang tertera. Piranti itu dibuat sangat meyakinkan, berbentuk kotak solid dengan semua informasi yang dibutuhkan. Piranti itu juga terlihat seperti aslinya. Kapasitas besar dengan harga yang terlalu murah untuk piranti sejenis yang serupa kapasitasnya.


Sebelum membeli piranti itu dia telah mengetestnya. Report di Windows disk properties menunjukkan kapasitas yang besar, tapi pembeli tidak berfikir untuk meng-copy file besar kedalam flash disk itu.

























Disk manager bahkan membuktikan kapasitas besar itu







jika anda berfikir untuk mencoba meng-copy file besar ke dalam flash disk tersebut memang dapat dilakukan, tetapi anda tidak bisa membaca file didalamnya. Ketika akan membaca file didalamnya, anda akan mendapat pesan "read eror". Jadi bisa disimpulkan flash disk ini WOM DISK (Write Only Memory Disk)








Anda juga tidak bisa mem-formatnya









Setelah beberapa pengalaman saya positif menyimpulkan model flashdisk ini dibuat dengan firmware (piranti lunak .pen) khusus, dan mungkin juga ukuran sebenarnya sangat kecil atau bisa juga rusak. Saya menge-testnya menggunakan block (sector) menulis dan membaca dan saya menemukan hanya 0,5Mb dari disk space yang bisa digunakan, sisanya hanya virtual dan anda hanya bisa membaca fan HFF dari semua lokasi di disk.

Di Internet sudah banyak peringatan akan banyaknya perangkat yang dipalsukan. di situs eBay juga banyak perangkat serupa, jadi jangan berharap anda bisa membeli barang bagus dengan harga yang murah.

sebagai info turis dari china itu membeli flash disk ini 40LTL atau setara 15USD

source : milist newbie hacker@ echo.or.id, blog.savel.org/

0 Comments: