Monday, November 05, 2007

Why Open Source

Gw pernah baca di suatu majalah, ada yang bertanya kenapa sih Open Source? apa OpenSource itu malah bisa bikin programmer kekurangan job karena semuanya serba gratis padahal mereka bisa digaji besar di perusahaan... kemudian sebenarnya apa kontribusi open source untuk perkembangan teknologi???


Jawaban redaktur majalah itu (Forbes) bener2 masuk akal, dia mencontohkan seandainya Sir Tim Berner Lee penemu www alias internet mempatenkan penemuannya. Coba bayangkan apakah mungkin internet bisa tumbuh sepesat sekarang. karena semuanya harus dibayar mahal karena menggunakan penemuan/paten sang penemu. Maka web browser harus membayar setiap kali menggunakan konsep internet, begitu juga semua aplikasi online lainnya seperti email dll harus membayar royalti pada sang penemu. Mungkin internet gak akan sepopuler sekarang karena setiap akses ke sebuah situs kita harus membayar ke pemilik situs karena sang pemilik harus membayar royalti buat si pencipta...(gak seru banget kan!!!)

Bayangkan juga seandainya 200 programmer hebat berkumpul dan menciptakan aplikasi super dahsyat dan setelah itu mereka berantem memperebutkan siapa yg paling berhak memiliki hak paten atas aplikasi itu, maka dipastikan aplikasinya nggak bisa dinikmati orang banyak karena masih bertempur di pengadilan.

Bayangkan juga seandainya semua aplikasi dimiliki secara perorangan or perusahaan, maka gak bisa kita seenaknya menciptakan/menggunakan aplikasi itu untuk mengembangkan aplikasi lain yang lebih hebat. maka dipastikan dunia teknologi akan stagnan dan menunggu sang penguasa mengembangkan teknologi baru.

jadi, untuk teknologi memang seharusnya Ilmu Pengetahuan itu dibiarkan terbuka untuk siapa saja... Pengetahuan kok disembunyikan...

©
Othello
Monday, 25 June 2007

0 Comments: