Thursday, November 22, 2007

Pidgin, the next generation of GAIM !!

Gaim - Instan Messenger open source terkemuka - ganti nama menjadi Pidgin. Hal ini menyusul keputusan akhir akibat kasus sengketa nama dengan pihak AOL.Gaim sendiri pada awalnya bernama “GTK+ AOL Instant Messenger”.


AOL komplain dan kemudian Mark Spencer mengganti namanya menjadi “Gaim”. AOL mereda dan keadaan menjadi tenang. Namun beberapa tahun kemudian AOL menjadikan program messenger mereka “AIM” sebagai merek dagang dan kemudian menggugat Gaim kembali. Masalahnya sempat menjadi topik panas di Slashdot. Gaim pun melalukan pembelaan resmi, dan pengacaranya menyarankan untuk merahasiakan kasus ini dan tidak membesarkannya ke publik. Sampai akhir Gaim 2 beta dirilis AOL kembali melakukan tuntutan dan kali ini lebih serius.

Kasus inilah yang ternyata menjadi salah satu alasan bagi developer Gaim untuk tidak mengeluarkan versi non beta, sebagai perwujudan niat baik kepada AOL agar kasus dapat diselesaikan dengan cepat. Namun tampaknya penyelesaian dengan AOL jauh lebih panjang dari yang mereka sangka.

Sampai akhirnya diputuskan saat ini nama GAIM menjadi Pidgin. Dengan perubahan nama ini diharapkan rilis final lanjutan dari Gaim Beta dapat segera diluncurkan ke publik. Pidgin adalah nama pengganti gaim, libpurple menjadi nama pengganti libgaim, dan Finch untuk gaim-text. Untuk versioning sendiri tetap melanjutkan dari Gaim sebelumnya.
Situs utama pindah menjadi pidgin.im dengan server milik sendiri, sementara situs lama di sourceforge hanya menjadi mirror saja.

“Semoga perubahan nama ini akan membuat developer pidgin lebih berkonsentrasi pada pengembangan program dan tidak lagi dipusingkan dengan masalah tuntut menuntut nama lagi.”

Diambil dari: http://majalah-linux.baliwae.com

0 Comments: