Wednesday, August 15, 2007

TUTORIAL MEMBUAT SITE (Course 3)

Course 3. Bonus knowledge!


APA ITU PHP?

Php. nah, lo pasti sering denger nih kata. Yep, kalo ada forum, gateway, en semacemnya, pasti adalah, yang namanya php. Betul? Yep, php memang digunakan untuk membuat sebuah situs bisa seolah berinteraksi dengan pengunjung. Coba lo liat, misalnya lo mo login ke e-mail lo, pasti lo kudu ngisi username, paswword, trus neken lgin. betul? Yep, itulah php. Php disana, membuat supaya pas kamu login, username kamu ga nyampur ama orang lain. Kan aneh kalo semisal si stonecold mo masuk ke e-mailnya, eh, yang kebuka e-mailnya malkod. Tul ga?
PHP sendiri, diciptain, soalnya setelah diliat-liat en dipikir-pikir, ternyata html ntuh, kaku banget! Orang khan juga kepengen ga cuman membaca doang, tapi bisa nyumbang tulisan (CONTOHNYA PHP pada buku tamu) Upload gambar (DI FORUM) dan lain sebagainya. So, orang ngebikin php.
PHP ntuh, adalah kode kode yang MEMBERI PERINTAH KAPAN SATU DAN DIMANA SATU LIST KODE HTML HARUS DITAMPILKAN. Jadi, php itu kayak kepala pasukan. anak buahnya, ya, si html ntuh tadi. Atau mungkin lebih tepatnya, si PHP itu sutradara. Kapan HTML yang ini keluar saat pengunjung situs mengklik ini, dan sebagainya, diatur oleh si PHP. PHP sendiri sangat sederhana, jauh lebih sederhana dari html. Kalo lo uda ngerti ma yang namanya html, pasti lo bakalan ngerti PHP dalem hitungan jam. PHP khan cuman html yang dimodif dikit. Kalo logika lo jALAN, ga bakalan ada masalah deh, ngertiin urutan kode kode yang njelimet kayak gitu! Kalo ga bisa, ya, tandanya lo kudu ngertiin lagi html ntuh tadi. Kalo kaga bisa bisa? wah, sorry. Rupanya THE FORCE IS NOT WITH YOU...



APA ITU JAVA?

Yep, lo pasti sering denger nih kata juga. JAVA adalah nama salah satu pulau terbesar di indonesia dalam bahasa inggris. Di JAVA juga ada ibukota negara republik Indonesia, tempat SBY mangal. DI JAVA juga ada Yogya, Surabaya, Bandung, Panarukan, Purwokerto, Brebes, Tuban, Garut, Madura, Madiun, Lamongan, dan masih banyak lagi! Di jawa, khususnya di BATAVIA, di daerah srengseng sawah jakarta selatan, ada kakek gue loh! nah, ngomong ngomong soal kakek gue, dia itu pernah ikut berperang melawan belanda pada tahun 1932-an yang...

Q : "Sumpret lo Claw! Tak Celurrritt sampeyyan...!!! Ngajar yang bener!!!!"

Loh, qoq, si "Q" Muncul lagi seh? Bukannya lo uda gue suruh ngedalamin html? hahahahahaa!!! Oke, Bahasa java, adalah bahasa yang diciptakan ma sun microsystem. Lambangnya kopi... ahhh..., asik banget minum kopi sore sore. Oke, java sendiri adalah special effectnya html. Si java ini yang bikin html keliatan keren. Jadi kalo SI PHP MENGATUR KAPAN SI HTML NGELUARIN PEDANG, SI JAVALAH YANG MEMBERIKAN TENAGA DALEM SUPAYA TU PEDANG BERSINAR SINAR KARENA AURA YANG LUAR BIASA. Yah, mirip mirip dynamic HTML lah!
Untuk ngetiin java, lo kudu belajar bahasanya ndulu. langkah pertamanya, ya, ngomong ma orang JAVA. Dengan begitu, kamu bisa sekalian belajar gimana cara medok nyang bener. hehehehee! Coba ja lo perhatiin script java lamaan, lo nyambungin pake logika sau satu, lo pasti ngerti!





Mo maling template situs orang? klik view, source, trus ambil HTMLNYA! ga bakalan berhasil kalo servernya pake css umumnya, atau cold fusion misalnya.

Maling source download ? Klik kanan pada link, properties, dan ambil linknya, trus taroh di situs kamu. ga berhasil kalo dia pake java atawa mirror.

Microsoft office lebih kompatibel ama IE, jadi kalo lo pake firefox, gunakan open office!

Tehnik upload ada banyak. ada yang pake Control panel, ada yang pake FTP. Yang FTP paling ngejengkelin karena lo kudu ngearahin software uploader lo ke alamat ftp lo, tapi tenang aja, pengguna XP bisa kok, dari klik kanannya.


Kalo lo nyari free hosting, pegi aja ke Situs punya Kang "GOOGLE" pasti dia bisa bantu banyak deh.. :D

0 Comments: