Wednesday, August 15, 2007

TUTORIAL MEMBUAT SITE (Course 1)

Pembukaan

Nih Tutorial Dibikin Oleh Bang Far*** alias Black_Claw, Beliau adalah Forum Legend Di WebForum Plasa. Nih Tutor udah bliau bikin Sejak Bulan July 2003. Kemarin gw minta ijin yang bersangkutan untuk memasang nih Tutor.. For Black_Claw & Thaks for ur Help. for Qus a.k.a D3w4_p3t1r makasih juga karena udah nemuin kembali gw lagi ma bang Black.. OK.. TutOR BEGIN! So Enjoy

COURSE 1. Euh, SITUS?


Q : "Akhr-akhir ini gue liat di plasa banyak yang pengen tau soal web ama bikin situs prbadi ya claw. Kayaknya gue juga uda ketularan nih...!!! Gue pengen bisa bikin juga. Lo bisa ngajarin gue ngga?"

A : "Bisa ajah, tapi kalo lo mau yang instan, lo bisa langsung SIGN ke hoster yang punya SITE BUILDER. Contohnya Geocities. Sayangnya, tiap hoster beda caranya. Misalnya Geocities beda ma freewebs. So, lo kudu ngandalin banget kemampuan Bahasa Inggris lo ama dasar dasar jaringan yang ngatur tampilan situs."

Q : "Nah. Kbetulan ntuh! Gue emang mo belajar dari dasar. Ajarin gue dong!"

A : "Ooookie. Pertama-tama, kita harus tau dulu, apa ntuh situs ama web. Key? Seperti kata orang kuno, Mengenal Medan Terlebih dahulu, baru bisa berperang. Sama Kayak slogan VINI VIDI VICI yang artinya saya lihat, saya datang, saya menang. Bicara soal jaman dulu, gue jadi ingat kakek gue dulu, dia sering cerita. Jadi pada waktu itu, dia masih kecil, tinggal di DOMPU, Nusa tenggara barat, trus dia....

Q : " WOOOIITT!!!! STOPPPP!!!! kalo lo cerita kapan dong ngajarnya?!?!?!"

A : "Oh, sorry! Sorry! Oke, Jadi kita mulai duru dari awal. Lo tau ga? Asalnya sebuah situs bisa keliatan kayak gini adalah daripada yang disebut bahasa yang bernama HTML. Okey. HTML. Hiper transper markap languej dalam vokal indonesianya. HTML adalah bahasa yang kita gunakan buat ngebikin situs. Kita naroh ni HTML di server, atawa di hoster kita, setelah kita registrasi/daftar tentunya. Setelah kita taroh di server, HTML inilah yang diakses oleh orang yang melihat situs kita nanti. Nah, saat HTML itu diakses, HTML akan memberi perintah tampilan ke komputer orang yang mengakses, bagaimana browser orang tersebut (misalnya intrernet explorer) harus menampilkan bagaimana bentuk situs kita. Logikanya Begini :

ANGGAPLAH ADA ORANG YANG BERCERITA KEPADA KITA TENTANG SEBUAH POT BUNGA, BAGAIMANA BENTUKNYA, SEBERAPA TINGGINYA, APA WARNANYA, KEMUDIAN KITA MEMBAYANGKANNYA DALAM KEPALA KITA SEHINGGA KITA SEOLAH OLAH BISA MELIHAT POT BUNGA NTUH.

Orang yang bercerita adalah SERVER
Kata kata yang diucapkannya adalah HTML
Kita adalah BROWSER YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGAKSES INTERNET
Bayangan pot bunga dalam kepala kita adalah TAMPILAN SITUS

Jadi supaya lo bisa membayangkan gimana pot itu dengan benar,lo harus bisa ngerti apa arti omongan ntuh orang. Betul? Jadi bikin HTML ga ngasal choy! HTML lo harus bener, jadi browser orang yang ngakses bisa ngerti en "NGEBAYANGIN" kayak apa bentuk situs lo. Ngerti?"


Q : "Oke! Gue ngerti. Lanjutin DOng!?"

A : "Nah, Untuk situs yang bagus, sebaiknya jangan cuman bikin satu halaman! Harus yang banyakan dikit lah, minimal 3. Misalnya situs pribadi terdiri dari 3 halaman yaitu halaman muka, buku tamu, dan profil kamu. kudu tuh! Masa' lo mo numplek blekin di satu halaman? Ga etis gituloh!

Berikut, supaya orang yang ngakses situs lo bisa pindah ke halaman lain, misalnya dari HALAMAN MUKA mau ke HALAMAN PROFIL, kudu dikasih yang namanya LINK. Link itu KATA KATA ATAWA GAMBAR YANG BISA DI KLIK sehingga orang bisa loncat atawa pindah halaman. Jadi Lo kudu nempatin yang namanya LINK ntu, di TIAP HALAMAN YANG LO PENGEN HUBUNGIN DENGAN YANG LAINNYA. Contohnya :

KALO LO PENGEN ORANG BISA NGAKSES HALAMAN PROFIL LO LEWAT HALAMAN MUKA, LO KUDU NEMPATIN LINK YANG NYAMBUNG KE HALAMAN PROFIL DI HALAMAN MUKA. BEGITU PULA SEBALIKNYA KALO LO PENGEN ORANG BISA NGAKSES BALIK DARI HALAMAN PROFIL KE HALAMAN MUKA. LO KUDU NGASIH LINK YANG NYAMBUNG KE HALAMAN MUKA DI HALAMAN PROFIL!

Clear dude?


Q : Get it bro. Next, please...

A : Nah, setelah html sudah selesai, misalnya udah kamu buat atau kamu generating sendiri dengan menggunakan program yang bisa menggenerate html, kamu buka notepad, kemudian kamu save as dengan tipikal ALL FILES dan BEREXTENSION .html (MISALNYA matrix.html) kemudian kamu upload ke server atawa hoster kamu, Di tiap hoster kudu ada nyang namanye tombol upload. Klik ntuh tombol, trus BROWSE dimana kamu nyimpen ntuh file .HTML yang disave pake ntuh notepad. nah, file itu akan TERUPLOAD KE SERVER KAMU.

Ntar, kalau file tersebut mau diakses, alamatnya adalah
http://www.namaserver.kamu/matrix.html
Misalkan kamu upload di geocities, maka namanya akan menjadi
http://www.geocities.com/1234/matrix.html

www.geocities.com adalah alamat HOSTER/SERVER KAMU.
1234 adalah USERNAME/DOMAIN kamu
dan matrix.html adalah nama file yang kamu upload

Seandainya namanya bukan matrix, misalnya kentut, maka alamatnya menjadi:
http://www.geocities.com/1234/kentut.html

Gimana? Ngerti??"


Q : "MUAHAHAHAHAHAHAHA!!!! GAMPANG BANGET! Gue khan jenius! LANJUUUT!"

A : "Bila terdapat file dangan nama index.html pada domain kamu, maka orang yang ingin mengakses tidak perlu menuliskan
http://www.geocities.com/1234/index.html, tetapi cukup dengan menuliskan www.geocities.com/1234 karena komputer pengakses akan secara langsung mengakses file yang namanya INDEx pada domain di server kamu.

Hal yang sama juga berlaku pada index.php? index.thl pokoke, asal namanya index deh!"


Q : "Okey bang! Saya mengerti semua! Trus selanjutnya...?"

A : "Selamat! Jika kamu memang benar benar mengerti dan 10000%paham maksud dari kata kata saya, kamu sudah selesai mempelajari DASAR LOGIKA KERJA DARI HTML.

Untuk tutorial berikutnya, untuk membuat kamu lebih mudah mengerti, siapkanlah sebuah program bernama MICROSOFT FRONTPAGE yang satu bundel DENGAN MICROSOFT OFFICE, Ato yang udah mahir pake DreamWeaver(usahain kagak 'design view' tapi 'script view' biar mahir).
Setelah segalanya siap, silahkan maju ke course 2!"

0 Comments: